Aki yang soak memang sering menjadi penyebab utama motor tidak bisa distarter. Namun, jika motor Anda sudah menggunakan aki kering SMT Power dari Samoto yang terkenal akan daya tahannya, ada baiknya Anda mencari faktor lain yang mungkin menjadi pemicu hal ini.
Sebab, gangguan pada motor tidak selalu berasal dari aki saja. Karena itu, Samoto telah merangkum berbagai penyebab motor gagal distarter lengkap dengan cara mengatasinya. Mari, simak dengan baik.
Penyebab Umum Motor Tidak Bisa Distarter
Sistem kelistrikan motor bekerja dengan banyak komponen yang saling terhubung. Bila ada satu saja yang mengalami gangguan, kemungkinan moto Anda akan sulit untuk menyala. Berikut ini beberapa penyebab umum yang perlu Anda periksa saat motor tidak bisa distarter:
1. Aki Lemah atau Soak
Sepeda motor sulit dinyalakan jika aki soak atau melemah, karena aki adalah sumber utama listrik, terutama untuk starter elektrik. Jika motor Anda menggunakan kickstarter, motor masih bisa menyala tanpa aki. Namun, hal ini tidak berlaku untuk motor injeksi yang bergantung pada aki.
2. Bahan Bakar Habis
Sekilas tampak sepele, tetapi ini sering terjadi. Motor tidak akan bisa menyala ketika tangki bahan bakar kosong atau suplai bensin terhambat. Jika indikator bensin menunjukkan masih ada bahan bakar, tetapi motor tetap tidak bisa hidup, bisa jadi ada sumbatan di selang atau karburator yang menghambat aliran bahan bakar ke ruang bakar. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada tangki atau sistem injeksi.
3. Kabel Kelistrikan Bermasalah
Kabel yang putus, kendur, atau korsleting dapat mengganggu aliran listrik, sehingga motor gagal distarter. Kabel rapuh atau terkikis juga bisa mengganggu sistem pengapian. Motor Anda tidak mau distarter setelah melewati jalan bergelombang atau terkena hujan? Kemungkinan ada kabel yang terlepas atau korslet. Gangguan ini juga bisa disebabkan oleh hewan seperti tikus atau ular yang masuk ke dalam motor.
4. Sekring Putus
Sekring berfungsi sebagai pelindung sistem kelistrikan dari arus berlebih. Ketika sekring putus, maka aliran listrik ke starter dan komponen lain bisa terlepas. Anda dapat mengecek sekring yang ada di dekat aki atau di dalam kotak sekring motor. Bila memang putus, segera ganti sekring sesuai dengan spesifikasinya.
5. Klep Aus
Klep adalah elemen motor yang bertugas mengatur masuknya udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar, serta membuang sisa gas pembakaran. Apabila klep aus atau tidak tertutup rapat, tekanan kompresi bisa berkurang atau bahkan mengalami kebocoran. Hal ini memicu motor untuk sulit distarter. Ciri-ciri klep aus adalah suara mesin yang kasar, tenaga berkurang, dan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.
Baca Juga: Cara Menjaga Aki Motor Tetap Awet dan Tahan Lama
6. Starter Elektrik Kotor
Ketika Anda menekan tombol starter, tetapi tidak ada respons atau hanya berbunyi “cekrek-cekrek,” bisa jadi starter elektrik sudah kotor akibat debu dan kotoran yang menumpuk. Kotoran ini bisa menghambat aliran listrik atau menyebabkan kontak tidak bekerja dengan baik.
7. Switch Rem Rusak
Beberapa motor, terutama motor matic hanya akan menyala ketika men-starter motor dengan menekan rem. Artinya, bila rem rusak atau tidak bekerja dengan baik, starter elektrik kemungkinan besar tidak akan berfungsi.
8. Dinamo Starter Rusak
Melalui dinamo starter, energi listrik dari aki akan diubah menjadi energi mekanik untuk memutar mesin. Dinamo yang lemah dan rusak menjadi salah satu penyebab mengapa starter motor terasa berat atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.
Dinamo starter bisa melemah akibat karbon brush dan gear yang aus, atau terbakarnya kumparan. Selain itu, penggunaan aki yang sudah lemah bisa membuat dinamo bekerja lebih keras, sehingga mempercepat keausan.
9. Busi Kotor atau Rusak
Busi yang kotor atau rusak menghambat percikan api yang dibutuhkan untuk proses pembakaran. Akibatnya, mesin motor jadi sulit dinyalakan atau bahkan bisa mati mendadak. Tanda-tanda busi kotor antara lain suara mesin pincang, konsumsi bahan bakar boros, atau motor sulit dihidupkan saat kondisi dingin.
10. Karburator Rusak
Pada motor karburator, komponen ini bekerja untuk mencampur bahan bakar dan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Karburator yang bermasalah, seperti kotor atau tersumbat memicu ketidakseimbangan antara udara dan bahan bakar. Inilah mengapa, Anda perlu membersihkan atau setting ulang karburator secara rutin.
Baca Juga: Aki Kering Mobil SMT-Power: Solusi Baterai Tahan Lama dan Bebas Perawatan untuk Kendaraan Anda
11. Kompresi Rendah
Apakah motor Anda sering mogok? Mungkin kompresi rendah menjadi salah satu faktor pendorong yang perlu Anda perhatikan. Mengingat, minimnya tekanan kompresi dapat membuat pembakar menjadi tidak optimal. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran pada klep, piston, atau ring piston yang aus. Tak perlu khawatir, Anda dapat mengecek kondisi ini melalui uji coba kompresi di bengkel.
12. Sensor atau ECU Bermasalah
Sensor dan ECU (Electronic Control Unit) berfungsi sebagai otak yang mengatur pembakaran. Gangguan pada salah satu komponen ini bisa menyebabkan motor gagal distarter. Anda disarankan untuk diagnosa kondisi ini menggunakan alat scanner. Biasanya, indikator check engine akan menyala jika ada gangguan pada ECU.
13. Relay Starter Bermasalah
Relay starter adalah penghubung yang mengalirkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Ketika komponen ini tidak bekerja dengan baik, arus listrik ke dinamo jadi terhambat. Sehingga, starter tidak akan merespon. Umumnya, gejala ini bisa dikenali dari suara “klik” yang muncul saat starter ditekan, tetapi mesin tidak menyala.
14. Sistem Pengapian Bermasalah
Sistem pengapian terdiri dari beberapa komponen, seperti CDI, koil, dan busi. Jika ada salah satu yang rusak, maka percikan api tidak terbentuk dengan sempurna, dan motor Anda tak akan menyala. Anda dapat menemukan sumber masalahnya melalui pemeriksaan teliti dari setiap komponen.
15. Aliran Bahan Bakar Tersumbat
Penyebab terakhir motor gagal distarter adalah tersumbatnya selang bahan bakar, filter bensin, atau injektor. Salah satu penyebabnya ialah tangki yang kotor atau penuh dengan endapan. Sebagai solusi, Anda dapat membersihkan sistem bahan bakar secara berkala guna melancarkan aliran bensin.
Apa yang Harus Dilakukan Jika Motor Starter Tidak Berfungsi?
Motor yang tiba-tiba tidak bisa distarter tentu membuat situasi menjadi repot, apalagi jika Anda sedang terburu-buru atau berada di tempat umum. Namun, kepanikan justru bisa membuat situasi semakin sulit. Untuk mengatasi masalah ini dengan tenang dan aman, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu:
1. Amankan Sekeliling Anda
Saat motor tidak bisa distarter di tempat umum, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan posisi Anda tidak mengganggu pengguna jalan lain. Tuntun motor ke tempat yang cukup terang dan sepi (tetapi masih ada orang lain), terutama jika hal ini terjadi di malam hari. Cari area yang lapang agar Anda lebih mudah memeriksa motor tanpa risiko membahayakan diri sendiri atau orang lain.
2. Periksa Bagian yang Terlihat
Sebelum panik, coba periksa hal-hal mendasar yang mungkin menjadi penyebab utama. Pastikan kunci kontak dalam posisi “ON” dan cek indikator bahan bakar. Bisa jadi, bensin motor surut tanpa Anda sadari.
Bila bensin benar-benar habis dan Anda sedang di perjalanan, ada dua solusi yang bisa dicoba. Pertama, mintalah bantuan keluarga atau teman untuk membawakan bensin menggunakan jeriken. Kedua, cari pengendara lain yang bersedia membantu mendorong motor ke pom bensin terdekat.
3. Cek Komponen yang Bisa Dibongkar Sendiri
Ada beberapa bagian motor yang dapat Anda periksa tanpa perlu keahlian khusus. Misalnya mengecek kondisi busi atau membersihkan terminal aki jika terlihat kotor. Namun, pastikan Anda hanya melakukan ini di tempat yang aman, seperti di rumah atau jalanan yang tidak ramai.
4. Serahkan Motor Pada Ahlinya
Sudah melakukan semua hal di atas, namun motor masih tidak mau menyala? Saatnya bawa motor Anda ke bengkel terdekat. Sebelum menyetujui penggantian suku cadang, tanyakan dengan detail kepada mekanik mengenai bagian yang rusak, dan minta penjelasan mengapa perlu diganti. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami kondisi motor. Sehingga, proses service jadi lebih efektif dan efisien.
Pepatah lama mengatakan, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Artinya, Anda perlu melakukan beberapa usaha supaya motor terhindar dari kondisi gagal distarter. Salah satu cara terbaik untuk mencegah masalah ini adalah dengan memastikan aki motor dalam kondisi prima.
Gunakan aki kering SMT-Power dari Samoto yang terbukti unggul dan memiliki daya tahan tinggi. Hal ini akan membuat motor Anda tetap bertenaga di berbagai kondisi jalanan. Yuk, cek spesifikasi aki yang cocok untuk motor Anda melalui laman Kategori Baterai Motor